Kamis, 28 Mei 2015

Materi Pengajian

Masalah itu bermacam-macam dan bertumpuk-tumpuk, suka atau tidak suka tetap harus kita jalani, maka jadikanlah Al-quran sebagai pedomanmu.
QS : 41 ayat 51-54
Jaminan yang Allah berikan apabila kita memohon ampunan pada-Nya.
QS : 71 ayat 10-13
Jaminan bagi orang yang berhijrah di jalan Allah.
QS : 4 ayat 100
221212
QS : 4 ayat 59, 2 ayat 2
Bagaimana kita bisa menyikapi atau manjalankan kehidupan kita berdasar pedoman kita yaitu Al-quran dan As-sunnah.
QS : 80 ayat 18-22
Allah berfirman, dimana manusia
bermula dari cairan yang hina dan keluar dari barang yang memalukan pula, dan ada juga yang menyebutkan kita itu tercipta dari tanah yang kering yang tak berharga sama sekali, itu mempunyai arti bahwa kita sungguh makhluk yang sangat rendah.
Allah menciptakan kita itu sedemikian rupa dengan menentukan takdir yang akan kita jalani, akan tetapi bukan berarti kita tidak melakukan apa-apa karena adanya takdir, maka dari itu Allah mengkaruniai Al-quran keda kita untuk pedoman kita berikhtiar, karena Allah tidak akan merubah nasibmu apabila kamu tidak berikhtiar.
QS : 2 ayat 156
Maka dari itu janganlah sekali-sekali kita merasa paling berkuasa dan merasa memiliki segalanya, karena dalam kalimat "innnalilahi wainnalilahi rojiun" segala sesuatunya itu milik Allah dan akan kembali pada Allah.
QS : 56 ayat 7
Pada BAB sedekah, kita dianjurkan bersedekah dengan dimulai niat karena Allah, karena diterima tidaknya segala amal ibadah kita itu bergantung pada niatnya. Dan juga terkadang kita menyedekahi harta kita bukan dengan harta yang kita cintai, padahal dalam QS : 3 ayat 92, Allah menganjurkan bersedekahlah dengan harta yang kamu cintai, karena balasannya pun akan lebih besar lagi. Seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim.
Dan apabila kita ingin mengenali Allah, terlebih dahulu kita harus bisa mengenali diri kita sendiri dulu,
Karena terkadang saat kita berdoa kepada Allah, kita tidak sadar apa yang kita utarakan kepada Allah itu seperti kita menyuruh Allah, mendikte Allah, dan mengatur Allah, maka dari itu dengan kita mengenali diri kita sendiri kita akan mengerti apa yang kita butuhkan dan apa yang memang terbaik untuk kita. Ucapan saidina ali..
QS : 71 ayat 10-12, surat tersebut menjelaskan, mohonlah ampun kepada Allah (istiqomah), niscaya Allah akan memperbanyak harta dan kenikmatan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diskusi via Facebook yuk !!