Selasa, 27 November 2012

Materi Pengajian Mingguan 24 Nov 2012 (Kesombongan)

Al-Araf, ayat 146-147

sa-ashrifu 'an aayaatiya alladziina yatakabbaruuna fii al-ardhi bighayri alhaqqi wa-in yaraw kulla aayatin laa yu/minuu bihaa wa-in yaraw sabiila alrrusydi laa yattakhidzuuhu sabiilan wa-in yaraw sabiila alghayyi yattakhidzuuhu sabiilan dzaalika bi-annahum kadzdzabuu bi-aayaatinaa wakaanuu 'anhaa ghaafiliina

[7:146] Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku. Mereka jika melihat tiap-tiap ayat(Ku)569, mereka tidak beriman kepadanya. Dan jika mereka melihat jalan yang membawa kepada petunjuk, mereka tidak mau menempuhnya, tetapi jika mereka melihat jalan kesesatan, mereka terus memenempuhnya. Yang demikian itu adalah karena mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka selalu lalai dari padanya.
 
 
waalladziina kadzdzabuu bi-aayaatinaa waliqaa-i al-aakhirati habithat a'maaluhum hal yujzawna illaa maa kaanuu ya'maluuna

[7:147] Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan mendustakan akan menemui akhirat, sia-sialah perbuatan mereka. Mereka tidak diberi balasan selain dari apa yang telah mereka kerjakan.
     



Allah akan mempalingkan diriNya kepada setiap orang yang sombong, merasa lebih benar dari kekuasaan atau kebenaran Allah.

Ada 7 penyebab orang bisa sombong :

1. Pengetahuan yang ia miliki, berhati2lah kepada ilmu yang kita dalami. Terkadang ilmu itu bisa menyesatkan kita sendiri.

2. Amal ibadah / amal kebaikan, merasa seakan-akan kita punya amal ibadah yang lebih dari orang lain.

3. Silsilah / Nasab (keturunan) Contohnya keturunan raden darah biru dll

4. Harta, dengan harta apapun bisa dibeli maka dari itu rentan sekali sombong

5. Kecantikan dan ketampanan

6. Kekuatan tubuh / ketangkasan

7. Dengan banyaknya pengikut atau anak buah..

 Bagaimana penanggulangan dari ke 7 penyebab kesombongan :

1. Keilmuan, bagi orang-orang yang merasa memiliki ilmu yang lebih. Kita seharusnya memiliki tagung jawab terhadap ilmu yang kita punya / mengamalkannya, harus selalu takut terhadap siksaan Allah. Agar tidak merasa lebih dari yang lain. jangan merasa cukup dan bangga atas apa yang sudah ada.

2. Di dunia ini pasti ada yang di atas kita dan dibawah kita. Solusinya agar tidak muncul sikap sombong itu adalah menanamkan sikap maju terus dan tidak melihat yang lain atau yang dibawahnya.

3. Silsilah, karena asal dari semua manusia itu sama, atau yang dijelaskan didalam surat 80 ayat 18-23

 
 
min ayyi syay-in khalaqahu

[80:18] Dari apakah Allah menciptakannya?
 
 
min nuthfatin khalaqahu faqaddarahu

[80:19] Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya1558.
 
 
tsumma alssabiila yassarahu

[80:20] Kemudian Dia memudahkan jalannya1559
 
 
tsumma amaatahu fa-aqbarahu

[80:21] kemudian Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur,
 
 
tsumma idzaa syaa-a ansyarahu

[80:22] kemudian bila Dia menghendaki, Dia membangkitkannya kembali.
 
 
kallaa lammaa yaqdhi maa amarahu

[80:23] Sekali-kali jangan; manusia itu belum melaksanakan apa yang diperintahkan Allah kepadanya,
 

4. Masalah cantik dan tampan. Hal seperti ini sifatnya hanya sementara pada saat umur sudah menua maka kita sudah tidak cantik dan tampan lagi maka dari itu kita harus berhati-hati apabila kita menyombongkan apa yang ada di diri kita karena semua itu semata-mata hanya titipan sekaligus ujian bagi kita agar tidak menyombongi hal tsb.

5. Sombong karena ketahanan tubuh, sesungguhnya kita semua sangat lemah dihadapan Allah SWT. Maka  jangan sekali-kali menyombongkan diri atas itu. Dan apabila diberi sakit maka kita akan lemah.

6. Harta.. Tidak sedikit orang yang banyak harta tiba-tiba jatuh miskin. Dari kejadian tersebut jangan sampai lah kita memuja-muja harta kita, karena apa bila Allah sudah bekehendak kita tidak bisa berbuat apa-apa dengan harta yang kita miliki.

7. Dengan adanya banyak pengikut maka rawan sekali kesombongan itu timbul.. Karena ia merasa paling nomer satu di antara yang lain. Maka dari itu sikap rendah diri itu penting.

0 komentar:

Posting Komentar

Diskusi via Facebook yuk !!